Materi TIK Kelas 8 Menu dan Ikon pada Microsoft Word


Materi Pembelajaran Daring SMPN 36 Bandar Lampung

Untuk Kelas 8 Tanggal 29 Juli 2020


Pertemuan yang lalu kita telah mengenal Microsoft Word.

Nah, hari ini kita akan membahas menu dan ikon pada Microsoft Word.

 

MENU DAN IKON PADA MICROSOFT WORD 2007

 

Sebelum mulai bekerja dengan menggunakan program MS.Word, terlebih dahulu kita harus mengenal menu-menu serta ikon-ikon yang ada pada program tersebut. Tapi apa yang dimaksud Menu dan Ikon tersebut?

Menu adalah kumpulan perintah-perintah yang digunakan untuk menjalankan mengolah kata pada MS. Word, bila diklik salah satu menu tersebut maka akan tampil sekelompok menu/ikon lain yang berhubungan dengannya.

Ikon adalah tombol-tombol perintah yang berupa gambar atau simbol yang digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan mudah dan cepat khususnya perintah yang sering digunakan. Ikon-ikon ditampilkan di baris toolbar menurut menu yang dipilih.

 

Pada Microsoft Office Word 2007 tiap menu mempunyai ikon-ikon tersendiri dan mempunyai fungsi-fungsi yang berbeda, seperti:

1. Home

Pada menu Home terdapat beberapa ikon yang dibagi-bagi menurut fungsi yang berhubungan yaitu clipboard, font, paragraph, styles dan editing.

2. Insert

Sama seperti pada menu home, menu insert juga memiliki banyak ikon yang dibagi- bagi menurut kesamaan jenisnya. Adapun bagian dalam menu insert adalah bagian Pages, Table, Illustrations, Links, Header and Footer, Text, dan Symbol. Ikon pada menu insert ini, semuanya memiliki fungsi untuk memasukkan atau menambahkan.

3. Page Layout

Menu page layout adalah kumpulan menu-menu untuk mengatur lembar kerja, dari ukuran kertas sampai paragraph. Adapun submenu atau bagian-bagian dari menu Page Layout adalah Themes, Page Setup, Page Background, Paragraph, dan Arrange.

4. References

Menu references adalah kumpulan menu-menu untuk menampilkan keterangan yang akan ditampilkan di Microsoft Word. Seperti menampilkan judul, catatan kaki, dan lain-lain. Di menu references terdapat submenu atau bagian-bagian antara lain Table Of Content, Footnotes, Citations and Bibliography, Captions, Index, dan Table of Authorities.

5. Mailings

Menu mailings adalah kumpulan ikon-ikon untuk membuat surat. Adapun ikon-ikon atau bagian-bagian dari menu mailing antara lain adalah Create, Strat Mail Marge, Write Insert Fields, Preview Result, dan Finish.

6. Review

Menu Review adalah tinjauan untuk dokumen yang kita buat. Dalam menu review kita dapat memasukkan komentar, dapat membandingkan dengan dokumen lain, dan lain-lain.

Adapun sub menu yang ada di menu Review antara lain Proofing, Comments, Tracking, Changes, Compare, dan Protect.

7. View

Menu View adalah menu untuk mengatur tampilan dokumen yang kita gunakan. Dalam menu ini kita juga dapat menukar dokumen yang sedang kita kerjakan (minimal kita membuat dua dokumen). Adapun bagian-bagian dari menu View adalah Document View, Show/ Hide, Zoom, Window, dan Macros.

Di atas adalah menu-menu yang ada di menu bar. Tetapi perlu diketahui, selain menu di atas masih ada beberapa menu yang akan tampil secara otomatis. Misalkan apabila kita menginsertkan gambar, apabila kita mengklik gambar tersebut maka akan keluar menu  ”Format”. Kemudian apabila kita menginsertkan ”Header and Footer” maka secara otomatis menu ”Design” akan muncul. Selain itu masih ada menu-menu yang lain.

 

 

LATIHAN

 

1. Apakah yang dimaksud menu dan ikon?

2. Sebutkan menu-menu yang terdapat di Microsoft Word 2007!

3. Sebutkan submenu yang terdapat dalam menu Page Layout!

4. Jelaskan apakah itu menu Review!

 

Petunjuk mengerjakan soal :
Kirimkan jawaban kalian melalui email : haqikinovrian@gmail.com
Jika tidak bisa, boleh mengirimkan lewat whatsapp guru.
Dengan catatan melalui email, mendapatkan nilai yang lebih baik.
Jawaban dikumpulkan paling lambat besok Kamis, 30 Juli 2020.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Hari Bercerita, Serunya Ngeblog di Instagram

Sahrul Gunawan Melayani Pembelian Lampung Bona Cake

Sampai Jumpa di 30 Hari Bercerita

5 Fakta Festival Lalang Waya Lampung