Materi TIK Kelas 8 Menu dan Ikon pada Microsoft Word

Gambar
Materi Pembelajaran Daring SMPN 36 Bandar LampungUntuk Kelas 8 Tanggal 29 Juli 2020
Pertemuan yang lalu kita telah mengenal Microsoft Word.Nah, hari ini kita akan membahas menu dan ikon pada Microsoft Word.MENU DAN IKON PADA MICROSOFT WORD 2007Sebelum mulai bekerja dengan menggunakan program MS.Word, terlebih dahulukitaharusmengenalmenu-menuserta ikon-ikon yang ada pada program tersebut. Tapi apa yang dimaksud Menu dan Ikon tersebut?Menu adalah kumpulan perintah-perintah yang digunakan untuk menjalankan mengolah kata pada MS. Word, bila diklik salah satu menu tersebut maka akan tampil sekelompok menu/ikon lain yang berhubungan dengannya.Ikon adalah tombol-tombol perintah yang berupa gambar atau simbol yang digunakan untukmenjalankansuatuperintahdenganmudahdancepatkhususnyaperintahyangsering digunakan.Ikon-ikonditampilkandibaristoolbarmenurutmenuyangdipilih.Pada Microsoft Office Word 2007 tiap menu mempunyai ikon-ikon tersendiri dan mempunyaifungsi-fungsiyangberbeda,seperti:1. HomePada …

Materi TIK Kelas 9 Mengenal Internet


Mengenal Internet
Materi Pembelajaran Daring SMPN 36 Bandar Lampung
Untuk Kelas 9 Tanggal 22 Juli 2020

Hampir di semua sekolah tingkat pertama sudah tersedia fasilitas internet. Dengan tersedianya fasilitas ini banyak manfaat yang dapat diperoleh, baik oleh pelajar maupun masyarakat banyak. Internet masih terbilang mahal, tetapi ada juga yang menyediakan jasa internet murah yang biasa kita kenal dengan warung internet atau warnet. Lalu sejak kapan kamu mengenal internet? Apakah di sekolahmu sudah tersedia jaringan internet? Manfaat apa yang akan kamu peroleh dari menggunakan internet?

Pengertian Internet

Istilah internet berasal dari bahasa Latin inter, yang berarti “antara”. Secara kata per kata internet berarti jaringan antara atau penghubung. Artinya internet adalah jaringan berjuta-juta komputer di seluruh dunia, yang terhubung dengan menggunakan protokol TCP/IP.

Dengan internet, kamu bisa berkomunikasi dan mendapatkan informasi dari jutaan situs web yang tersebar di seluruh dunia. Internet seperti sebuah perpustakaan raksasa yang dapat memberikan berbagai informasi yang kita butuhkan, baik berupa tulisan, gambar, maupun multimedia. 

Sekarang melalui internet, kita bisa melakukan jual-beli, seorang pelajar dapat dengan mudah mencari informasi ke seluruh perpustakaan yang ada di dunia, atau bahkan seorang mahasiswa tidak harus pergi ke kampusnya karena kuliah dilakukan secara online.

Layanan internet meliputi: komunikasi langsung seperti chatting; diskusi seperti e-mail, millis; informasi yang terdistribusi seperti situs web, transfer file (FTP) serta masih banyak lagi layanan yang lainnya.

Sejarah Internet

Internet pertama kali dikembangkan tahun 1969 oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat dengan nama ARPANET (US Defense Advanced Research Projects Agency). Hal ini dimaksudkan untuk mem- buat suatu jaringan komputer yang tersebar sehingga pemusatan informasi di satu tempat dapat dihindari, karena dikhawatirkan akan hancur pada saat peperangan. Dengan cara ini, diharapkan apabila salah satu jaringan putus, maka jalur yang melalui jaringan tersebut secara otomatis pindah ke jalur lain.

Awal tahun 1980-an, ARPANET terpecah menjadi dua jaringan yaitu ARPANET dan Milnet, tetapi keduanya masih dapat saling berkomunikasi. Jaringan interkoneksi ini dinamakan DARPA Internet, untuk selanjutnya disebut internet. Selanjutnya, internet mulai dikembangkan untuk kepentingan akademis dengan bekerja sama dengan beberapa universitas seperti UCLA, University of California at Santa Barbara, University of Utah, dan Stanford Research Institute. Perkembangan selanjutnya, internet dapat diakses melalui sarana komputer pribadi (PC) dengan dibukanya layanan Usenet dan Bitnet.

Jaringan yang membentuk internet bekerja berdasarkan suatu prosedur atau aturan yang disebut dengan Protokol. Protokol standar mulai diperkenalkan pada tahun 1982 dan dikenal dengan sebutan TCP/ IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Protokol ini mengatur penggunaan format data, penanganan kesalahan lalu lintas pesan, dan standar komunikasi lainnya. Protokol mampu bekerja pada semua jenis komputer, tanpa terpengaruh oleh perbedaan perangkat keras maupun sistem operasi yang digunakan.

Pada tahun 1986, ARPANET mulai digantikan oleh Jaringan National Science Foundation Network (NSFNET) yang menghubungkan para periset di seluruh Amerika dengan lima buah pusat super komputer. Jaringan ini kemudian dikembangkan untuk menghubungkan berbagai jaringan akademis lainnya yang terdiri atas universitas dan beberapa jaringan riset. 

Pada bulan Maret 1990, ARPANET resmi dibubarkan. Pada saat NSFNET dibangun, berbagai jaringan di beberapa negara didirikan dan bergabung dengan NSFNET. Negara-negara tersebut antara lain Australia, Inggris, Prancis, Jerman, Kanada, dan Jepang.

Kemudian pada tahun 1990, CERN Laboratorium Fisika Partikel di Swiss, mulai mengembangkan World Wide Web berdasarkan proposal yang dibuat oleh Tim Berners-Lee. World Wide Web atau www merupakan layanan berbasis grafis, artinya informasi pada internet sudah dilengkapi dengan gambar.

Pada tahun 1992, Pei Wei meluncurkan perangkat lunak untuk mengakses internet dengan nama Viola dan didistribusikan bersama CERN WWW. Kemudian, tahun 1993, InterNIC didirikan untuk menjalankan layanan pendaftaran nama domain. Sebuah sistem komputer yang terhubung secara langsung ke jaringan internet memiliki nama domain dan alamat IP (Internet Protocol) dalam bentuk numerik dan format tertentu sebagai pengenal. Pada saat itu Gedung putih mulai online di internet.


Sekitar tahun 1994 penggunaan internet untuk bisnis pertama dipakai oleh perusahaan Pizza Hut. Adapun Internet Banking pertama kali digunakan oleh First Virtual.

Setahun kemudian layanan akses internet bagi masyarakat umum dibuka oleh perusahaan Compuserve, America Online, dan Prodigy. Baru sekitar tahun 1994 internet mulai masuk ke Indonesia.

Perkembangan Internet


Perkembangan pengguna internet di seluruh dunia antara tahun 2000 sampai 2008 rata-rata mencapai angka 275,4% .

Pengguna internet di seluruh dunia diperkirakan sampai Maret 2008 mencapai angka 1.355.110.631 orang.

Pengguna internet di Asia paling banyak ialah negara Cina. Di peringkat berikutnya yaitu jepang, India, Korea Selatan, dan Indonesia menduduki peringkat ke lima. Data ini setiap saat dapat berubah, kamu dapat mengetahuinya dengan mengunjungi situs web internetwordstats.com.



Latihan

1. Apa yang kamu ketahui tentang internet? 
2. Jelaskan pengertian internet secara singkat! 
3. Bagaimana perkembangan internet di Indonesia? 
4. Jelaskan sejarah munculnya internet secara singkat! 


Petunjuk mengerjakan soal :
Kirimkan jawaban kalian melalui email : haqikinovrian@gmail.com
Jika tidak bisa, boleh mengirimkan lewat whatsapp guru.
Dengan catatan melalui email, mendapatkan nilai yang lebih baik.
Jawaban dikumpulkan paling lambat besok Kamis, 23 Juli 2020.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Hari Bercerita, Serunya Ngeblog di Instagram

Sahrul Gunawan Melayani Pembelian Lampung Bona Cake

5 Fakta Festival Lalang Waya Lampung

Tiket Film Arwah Bisa Ditukar Hadiah Loh