Inilah Profil Alam Ganjar, Anak Tunggal Ganjar Pranowo

Gambar
Alam Ganjar, Putra Tunggal Ganjar Pranowo / Instagram @alamganjar Muhammad Zinedine Alam Ganjar atau yang disapa Alam Ganjar merupakan putra tunggal dari pasangan Ganjar Pranowo dan Siti Atikoh. Dia lahir di Semarang, Jawa Tengah pada 14 Desember 2001. Pemuda yang saat ini berusia 22 tahun tersebut menghabiskan masa sekolahnya di Semarang dengan bersekolah di SMP 2 Semarang. Kemudian, ia melanjutkan pendidikannya di SMA 3 Semarang pada tahun 2020. Seperti yang kita ketahui, Ganjar Pranowo secara resmi diumumkan sebagai Bakal Calon Presiden (Bacapres) Republik Indonesia dalam Pemilihan Presiden yang akan berlangsung pada tahun 2024. Banyak sorotan publik yang mengarah ke Ganjar, termasuk ke anak tunggalnya, Alamm Ganjar. Akibatnya bermunculan berita tentang Alam Ganjar. Berikut ini beberapa fakta menarik tentang Alam Ganjar, yang belum banyak kita ketahui: 1. Hobi Olahraga dan Gaming Alam Ganjar memiliki banyak hobi, salah satunya bermain sepakbola dan futsal, yang momennya banyak ia

KBA Sumber Agung, Kampung Berseri Astra Pertama di Lampung

Pilar Lingkungan / Sumber: Instagram @kbasumberagung

Sore itu, Rabu pada tanggal 6 September 2023, saya mengunjungi Kampung Berseri Astra (KBA) Sumber Agung yang terletak di Kemiling, Bandar Lampung. Saya datang ke rumah Ibu Ikke yang beralamat di Jalan Wan Abdurrahman Perum Bukit Permata Hijau Blok D No. 2 Lk III, Kelurahan Sumber Agung, Kemiling. Beliau adalah Bendahara di KBA ini. Ternyata di sana, sudah ada Bapak Rudy, selaku Ketua di KBA ini. 

Awal mula berdirinya KBA Sumber Agung ini adalah tahun 2017. Saat itu mereka langsung jemput bola, karena ada lima kabupaten di Lampung yang mengajukan. Sehingga mereka pun menemui orang pemerintah daerah Lampung, agar mendapatkan Kampung Berseri ini. Apalagi, melihat potensi di Sumber Agung tentang empat pilar. Empat Pilar yang dimaksud yaitu bidang Kesehatan, Pendidikan, Lingkungan, Kewirausahaan dan Teknologi. Dan masing-masing pilar ini ada timnya, yang terdiri dari sekitar 15 orang. 

KBA Sumber Agung ini adalah KBA pertama di Lampung. Dan menjadi satu-satunya di Lampung sampai tahun 2020. Ada KBA yang baru dibentuk di Pesawaran dan Lampung Selatan. 

Pilar Kesehatan / Sumber: Instagram @kbasumberagung


Pilar Kesehatan, saat covid di tahun 2020 yang lalu, ada bantuan penyempotan setiap semingu sekali. Ada juga penyaluran hand washer atau alat cuci tangan untuk para warga Sumber Agung. Selain itu, juga diadakan Kelas Ibu Hamil di Posyandu Melati 1, yang mana pematerinya dari pakar gizi Puskesmas Pinang Jaya. Ada Kelas Parenting Ibu-ibu orang tua Anak BGM (Berat badan di Bawah Garis Merah) bersama Ibu Dokter Siti Maimunah, dari Rumah Sakit Abdoel Moeloek Lampung. 

Pilar Pendidikan / Sumber: Instagram @kbasumberagung


Pilar Pendidikan, menyalurkan bantuan Beasiswa Berprestasi kepada Siswa SD, SMP dan SMA yang diberikan setiap enam bulan sekali. Juga telah diserahkan bantuan meja dan kursi untuk SDN 1 Sumber Agung. Ada juga Lomba Mewarnai antar anak-anak PAUD se-Sumber Agung. 

Pilar Lingkungan, pengembangan zona hijau di KBA Sumber Agung dengan didirikannya Agrowisata Forestry Sumber Agung. Di sini banyak pohon yang ditanam dan dibudidayakan, seperti kopi, aren, durian dan lain-lain. Pernah ada penanaman pohon atau penghijauan di tahun 2019. 

Pilar Kewirausahaan / Sumber: Instagram @kbasumberragung


Pilar Kewirausahaan dan Teknologi, beberapa UMKM dibina oleh KBA Sumber Agung. Di antaranya Kue Teng Teng Jahe, Kopi Bubuk dan Gula Semut. Salah satu ikon produk unggulannya, adalah Batik Tulis Diandra yang sekarang telah masuk pemasaran nasional. 

Selain empat pilar tersebut, KBA Sumber Agung pernah mendapat kunjungan mahasiswa dari Universitas Lampung yang ingin meneliti Agrowisata Forestry Sumber Agung. Dan yang paling membanggakan adalah pernah menerima kunjungan mahasiswa dari sepuluh negara, yang sempat datang ke Kebun Kopi, pada tahun 2019. 

KBA Sumber Agung pernah mendapatkan Juara Ketiga Lomba Grebek KBA Nasional di tahun 2019. Dan puncaknya pada tahun 2022, KBA Sumber Agung masuk dalam Daftar Pemenang Kampung Berseri Astra (KBA). Pak Rudy, selaku Ketua KBA ini mengatakan bahwa mereka merasa senang karena bisa menyisihkan ratusan KBA se-Indonesia, dan yang menang hanya sekitar puluhan KBA. 

Sempat ingin mengadakan Festival Durian di tahun 2020, sudah persiapan tiga bulan, dari bulan Januari sampai Maret, tapi gagal dikarenakan peristiwa covid-19. Padahal panen durian waktu itu sangat banyak dan buahnya bagus. Mereka sedikit kecewa, tapi ya tetap harus dijalani. Ada keinginan untuk mengadakan festival ini, tapi belum tahu kapan waktunya. 

Dari kunjungan saya hari ini, banyak pelajaran yang saya dapat dari orang-orang hebat yang mendedikasikan hidupnya untuk masyarakat atau orang banyak. Luar biasa dan tak ternilai jasa mereka ini. 


Tulisan ini saya ikutkan Lomba Anugerah Pewarta Astra 2023 yang berrtemakan “Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia”.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

30 Hari Bercerita, Serunya Ngeblog di Instagram

Ayat- Ayat Cinta 2 : Fahri Mencari Sang Istri, Aisha

Sahrul Gunawan Melayani Pembelian Lampung Bona Cake

Tiket Film Arwah Bisa Ditukar Hadiah Loh

5 Fakta Festival Lalang Waya Lampung